Senin, 09 Juni 2014

Siapa yang tidak tau film armageddon? Dengan soundtrack membahana Dont wanna close my eyes… I dont wanna fall asleep cause I need you babe… ini adalah film yang tidak pernah bosan untuk di tonton baik itu waktu sendiri maupun rame-rame bareng temen, walau pun sekarang film ini sudah tergolong film jadul sekali tapi pesan moralnya tidak pernah mati. Film ini yang menurut saya digarap dengan sangat baik dengan efek gambar luar biasa pada masanya, Sebuah film fiksi ilmiah hollywood yang launched 1998 ini dibintangi oleh my superstar Bruce Willis, Billy Bob Thornton, Ben Affleck dan beberapa aktor hollywood lainnya. Film yang dibuat oleh sutradara kenamaan Michael Bay ini menghabiskan dana sekitar USD140 juta.

Ceritanya berawal ketika bumi secara tiba-tiba kejatuhan hujan dan menghantam salah satu pesawat luar angkasa milik NASA yang sedang memperbaiki salah satu satelit di luar sana, kemudian meteor lainnya memporakporandakan beberapa kota USA. Meteor-meteor kecil itu ternyata hanyalah permulaan dari sebuah asteroid yang jauh lebih besar (seukuran kota Texas USA) yang sedang meluncur ke bumi dengan kecepatan 22.000 mil per jam dan akan sampai bumi 18 hari kemudian, yang diprediksikan akan menghancurkan bumi secara total alias  kiamat / hari akhir. Dari semua strategi yang dirapatkan NASA, akhirnya mereka mengambil langkah untuk mengirim orang ke asteroid itu, kemudian mengebornya, dan memasukkan nuklir, dan meledakkannya sebelum terlalu dekat dengan bumi. Berdasarkan data, NASA memanggil Harry Stemper yang diklaim sebagai pengebor terbaik. Harry menyanggupi dengan syarat ia membawa team nya sendiri. Mereka dilatih kilat oleh NASA dalam 2 minggu, dan kemudian berangkat menuju asteroid dengan 1 team Stemper dibagi dalam 2 pesawat. Mereka sempat mampir dulu di stasiun luar angkasa milik Rusia untuk isi bahan bakar, dan mereka ditumpangi penunggu satu2nya stasiun itu, karena akhirnya sasiun itu meledak karena sesuatu.

Mereka melanjutkan menuju asteroid, dan ketika asteroid itu hampir melintasi bulan, 2 pesawat itu mengitari bulan untuk kemudian mengejar asteroid dari belakang dengan bantuan gravitasi bulan, dan mendarat di asteroidnya. 1 pesawat berhasil mendarat, yang lainnya hancur berantakan dan dikonfirmasikan mati semua. Yang selamat adalah pesawat milik Harry, dan mereka langsung mulai bekerja, tugasnya adalah mengebor asteroid sedalam 800 kaki, dan menaruh nuklir, meninggalkannya, dan meledakkan nuklir dengan remot. Setelah berusaha, ternyata alat bor satu2nya (armadilo) meledak menewaskan 1 anggota kru (Max), dan mereka putus asa. Diluar dugaan, dari pesawat naas satunya, ternyata ada 3 orang yg selamat dan mendatangi team Harry dengan armadilonya, mereka adalah team AJ (Ben Affleck), Bear, dan Lev (Astronot penunggu stasiun Rusia). Dan akhirnya mereka berhasil mengebor 800 kaki berkat tekad teguh AJ.

Satu masalah datang lagi yaitu, remot pemicu nuklirnya rusak. Artinya seseorang harus tinggal di asteroid itu untuk meledakkan bomnya secara manual. Setelah diundi ternyata AJ lah yang harus tinggal dan meledakkan diri bersama asteroid itu. Sementara yang lain bersiap lepas landas, Harry mengantarkan AJ keluar pesawat dan kemudian melepas saluran oksigen AJ dan mendorongnya kembali masuk pesawat. kemudian ia berteriak:

Harry ini tugasku! Ini tugasku!

Tugasmu sekarang adalah menjaga putriku

Begitulah, Harry menggantikan posisi AJ untuk meledakkan diri bersama asteroid itu. Pesawat lepas landas, dan Harry meledakkan asteroid dan dirinya sebelum terlalu dekat dengan bumi. Akhirnya bumi selamat. Seluruh penjuru bumi berteriak bahagia, kecuali 1 orang yaitu Grace Stemper (anaknya Harry) yang berpacaran dengan AJ.

Mungkin banyak di masa sekarang film-film yang lebih luar biasa serunya sudah banyak, namun film yang berlatar belakang pengeboran menurut saya sangat jarang sekali. Sebagai calon seorang penambang dan Geologis film seperti ini menjadi kerinduan tersendiri untuk menontonnya, kadang jika menontonnya bersama kawan-kawan se-jurusan sering terjadi debat-debat kecil..  hehehe, maklum-lah kita terlalu terbawa suasana.

0 komentar:

Posting Komentar